Melihat Bintang di Siang Hari dengan Stellarium

Pernah ga melihat bintang di siang bolong? Susah kan kalau ga pakai teleskop atau teropong atau apa lah namanya. Tapi, saya pernah satu kali melihat bintang waktu sore hari menjelang tenggelamnya matahari.

Posting ini berkenaan cuaca buruk yang serng terjadi di tempat saya tinggal, musim kemarau tapi sering hujan. Selain itu ada bintang favorit saya yang tidak muncul lagi meskipun ditunggu dari sore sampai pagi. Bintang itu adalah Orion. Jadi, saya pikir melihat orion saja di internet. Eh, akhirnya ketemu software Stekkarium.

Stellarium, software gratis yang memungkinkan kita melihat bintang-bintang yang bertaburan indah di langit malam. Kailian yang demen mantengin bintang-bintang di langit pasti bertanya-tanya, bintang apa ynag kemerah-merahan di sebelah timur, bintang apa yang terang dibagian utara, bintang ini dan itu, cuma bisa melihat tanpa tahu namanya. Padahal nama-nama bintang itu cukup bagus.

Apa saja di langit bisa kamu lihat, misalnya gugusan bintang, nebula, planet, satelit. Bahkan saya sempat melihat Hubblyang sedang melintas di garis edarnya memantau luar angkasa. Pokoknta banyak yang cukup menarik. Untuk lebih jelasnya googling z dimana bisa download software tersebut. Berikut sreen shot bintang orion.

Screen shot (bukan dari monitor saya)

Well, saya cuma ngasih sedikit bocoran software yang bisa kamu gunakan kalau mau lihat bintang-bintang di langit meskipun siang hari.

Budayakan tinggalkan komentar dengan bijak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s