Hasil Ulangan Matematika Part II

Alhamdulillah, hari ini saya bisa melanjutkan tulisan di blog ini. Mungkin ini karena desakan mulai tanggal 24 Desember 2011 saya akan sulit untuk menulis blog ini. Jadi, mulai sekarang setiap waktu luang akan saya gunakan untuk menyelesaikan past yang terbengkelai ini.

Well, setelah melalui pertempuran sengit antara siswa saya, kelas V dan VI dengan musuh bebuyutan mereka, siapa lagi kalau bukan Matematika, hasilnya bisa dilihat. Memang Matematika seolah momok yang menakutkan bagi sebagian besar siswa. Hasil yang diperoleh menunjukkan sebagian besar siswa kalah dihajar habis-habisan oleh 50 soal matematika dalam waktu 120 menit.

Berikut ini adalah hasil perolehan mereka.

Kelas VI  
80 Mirna  
76 Agisna  
76 Rizki annor  
72 Diana  
68 Novita Umami  
64 Rifka Sauma Ramadania  
62 Pahriannor  
50 Fatimah  
56 Jahrawati, Ibrahim, Prasetya Putra Sanjaya  
54 Hadijah, Dinda Safitri, Norjannah, Nor Halimah, Mariani  
52 Rahmalina, Ahmad Sibawai, Misna  
50 Arjakiyah, Nurlaatifah Humairo, Nadia Saidah  
48 M. Syarif, Ahmad Hidayat, M. Syahrial  
46 Maulida, Aditya Olga Nanda Saputri, Rafi’ah  
44 Syarifah Annisa, Nor Aisyah, Siti Qomariah, Ahmad Ilmi  
42 Rabiatul Adawiyah, Maria Ulfah, Laila  

   

Dibawah 40 tidak ditulis. Hmm, saya jadi bingung nilai beapa yang pantas diberikan untuk mereka. Tapi, masih ada nilai-nilai tugas maupun ulangan haarian. Ini adalah hasil ulangan umum bersama se kota Palangka Raya khusus untuk jenjang MI. Saya pikir ketika banyak faktor yang mempengaruhi nilai ulangan. Kadang-kadang, siswa yng pintar bisa dapat nilai rendah karena gugup atau masalah lain. Siswa yang biasa-biasa saja bisa juga dapat nilai tinggi, misalnya dia berhasil mencontek atau karena kebetulah pilihan dia banyak benarnya. Jadi, saya pikir nilai ulangan umum ini presentasinya untuk nilai raport tidak terlalu besar. Apalagi soal-soalnya dibuat oleh dinas. Makanya, saya lebih fokus nilai dari tugas-tugas atau keseharian mereka.

Walaupun nilainya banyak yang tidak tuntas, tapi saya cukup berbangga sedikit. Sedikit. Ada yang berhasil dapat 80. Yah, walaupun cuma 1 orang. Karena anyak nilai yang tidak tuntas, jadi saya melalukan remedial. Dan hasilnya  cukup menggembirakan. 85% siswa tuntas. Malah ada beberapa yang dapat 100. Mungkin karena remedialnya mengerjakan soal yang sama, jadi lebih mudah.

3 thoughts on “Hasil Ulangan Matematika Part II

Budayakan tinggalkan komentar dengan bijak

