My First Students Part V: MU

MU

Ini petualangan bersama murid-murid di jenjang yang lebih tinggi. Senior Hight School alias SMA. Tepatnya di SMA Muhammadiyah-1 Palangka Raya selama kurang lebih 1 semester. Saya terdampar di sekolah ini berdasarkan hasil keputusan pihak kampus, ketika menempuh salah satu mata kuliah yaitu macro teaching. Sebenarnya ketika akan mendaftar mengikuti mata kuliah ini, saya memang berminat praktek mengajar di sekolah yang berlabel islam, pilihan saya jatuh pada SMA Muhammadiyah-1 Palangka Raya. Nah, sebelum saya mengajukan permohonan ke SMA tersebut ke pihak kampus, saya coba bertanya dulu saya dapat tugas di mana? Ternyata mereka bilang saya dapat tugas di SMA Muhammadiyah-1 Palangka Raya. Alhamdulillah ya, sesuatu banget, belum bilang eh ternyata memang nama saya sudah ditempatkan dalam daftar yang bertugas di SMA Muhammadiya-1 Palangka Raya.

Sebut saja sekolah ini MU (bac: em-yu), yah begitulah anak-anak di sekolah ini menyebut sekolah mereka. Saya bertugas di MU bersama belasan teman ga sampai 15 (lupa). Nah, yang berlatar belakang pendidikan matematika ada 4 mahasiswa termasuk saya. Kelas yang dijadikan praktek ada 9. Kelas X ada 5 dan kelas XI ada 4, Program IPA dan IPS. Ketika penentuan kelas mengajar saya tidak hadir, tapi harapannya sih mengajar di kelas IPS. Alasannya, saya yang laki-laki sendiri, jadi kalau yang mengajar perempuan, kasihan sekali baru pertama mengajar sudah bertemu dengan siswa-siswa IPS yang pada umumnya (walaupun ga selalu) lebih susah diatur dibanding kelas IPA. Selain itu, kebetulan saya ingin melakukan penelitian yang berhubungan dengan kelas IPS. Sekali lagi, alhamdulillah ya, sesuatu banget, saya memang dpata tugas mengajar di kelas IPS.

Salah satu sudut MU

Nah, kelas IPS yang saya ajar ada dua ruang, XI IPS 1 dan XI IPS 2. Saya mencoba mempraktekkan teori-teori yang pernah saya pelajari ketika di kampus. Mungkin karena ketkurang-mampuan saya dalam mengajar sehingga banyak metode mengajar yang masih kurang saya terapkan sehingga hasilnya kurang maksimal. Selama pembelajaran, metode kooperatif atau belajar kelompok atau apalah namanya, pastinya kerja kelompo saya terapkan setiapa kali peretemuan.

XI IPS 1: Posisi acak yang sempat kejepret

Kelas IPS memiliki karakteristik yang lebih heterogen dibandingkan kelas IPA. Setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam pelajaran matematika. Bandingkan dengan kelas IPA, umumnya mereka adalah siswa yang kurang aktif (bergerak) dan lebih aktif (dalam pembelajaran). Jadi, pemandangan yang sudah biasa ketika memasuki kelas IPA yang terlihat adalah kelas yang tenang, tidak ribut, dengan siswa-siswa sudah duduk manis semanis mungkin sambil membaca buku pelajaran dengan wajah yang serius. Sesuatu yang biasa pula jika kita bertanya makabanyak siswa yang angkat tangan berebut menjawab. Sesuatuyang sudah lazim, biasa, umum, sehinga mengajar di kelas IPA menurut pendapat saya lebih mudah dibandingkan kelas IPS.

XI IPS 2: selau narsis di depan siapun termasuk gurunya, di depan orang gila juga (mungkin)

Saya sekedar membandingkan kelas IPS dan Kelas IPS di MU, tidak berlaku untuk kelas di sekolah lain. Di kelas IPS yang siswanya heterogen, menjadi suatu tantangan tersendiri apabila kita bisa menkahlukkan siswa-siswa tersebut. Saya merasa tidak puas mengajarkan siswa yang sudah bisa, nah kalau menagajarkan siswa yang belum bisa, apalagi susah diajari kemudian siswa tersebut bisa, makasaya baru akan merasa puas. Nah, mungkin disitu asyiknya mengajar di kelas IPS, meskipun kadang-kadang saya merasa jenuh karena tidak menemukan hasil yang memuaskan. Saya yakin, seorang guru yang mengajar di kelas yang lebih sulit akan lebih profesional, akan lebih berpengalaman, akan memiliki lebih banyak cara dalam mengajar diabndingkan dengan guru yang mengajar di kelas yang lebih mudah. Sampai kegiatan berakhir saya masih merasa belum bisa menakhlukkan kelas IPS. Masih belum puas meskipun mendapat nilai A untuk mata kuliah ini, nilai yang tepat mungkin adalah C atau D. Saya berharap di lain waktu bisa bertemu lagi siswa-siswa dari kelas program IPS seperti ini.

2 thoughts on “My First Students Part V: MU

Budayakan tinggalkan komentar dengan bijak

