My First Students Part II: Tahawa

Well, sebelum saya kenalkan my first students, saya ingin mengenalkan tempat dimana saya bertemu dengan murid pertama. Tempat itu bernama Desa Tahawa. Lokasinya di kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau, Propinsi Kalimantan Tengah. Saya dan belasan teman lain mengemban satu tugas wajib dari kampus; Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama kurang lebih 40 hari.

Desa ini memiliki 3 kawasan, desa I (dekat jalan raya), desa II (dekat sungai) dan desa III (seberang sungai). Desa I biasanya disebut Tahawa, Desa II dan Desa III biasanya disebut Penda Haur, Semuanya berada di bawah pimpinan satu kepala desa. Pos kami berada di desa I. Untuk samapai ke desa II yg berada di tepi sungai, kita ga bisa memakai mobil atau motor, jalan kaki adalah pilihan favorit. Jalannya sukar dilalui, apalagi kalau musim hujan. Dari desa I perlu waktu 45 menit untuk sampai ke desa II. Untuk sampai ke desa III di seberang sungai, perlu sebuah perahu untuk meneyebrangi sungai yang lebarnya kurang lebih 100 m dan kedalaman yang sulit ditebak.

Naik perahu menuju Desa III, cukup menegangkan melihat derasnya arus

Ketua dan Sekretaris, cocok jadi pasangan, awas dikentuti pengemudi perahu

Tahawa desa yang indah, karena memiliki sebuah danau yang indah. Sebenarnya airnya agak keruh karena adanya penambangan emas liar penduduk setempat. Kalau pagi atau sore hari, cobalah megambil gambar. Pemandangan terlihat cukup bagus.

Suatu pagi di Desa Tahawa

Siang hari di tepi Danau Tahawa

Senja di tepi Danau Tahawa

Pohon Misterius

Di depan pos kami ada 2 pohon yang unik dan aneh. Unik karena 2 pohon itu tinggi menjulang seperti kembar, aneh karena cuma 2 pohon itu yang hidup. Lainnya adalah pohon rendah. Konon, menurut penduduk setempat tidak ada yang berani memotong pohon itu karena setiap akan memotong pasti ada kecelakaan, atau alat pemotongnya rusak.

Bayi yang kami panggil Dede' Tata, Tata dari nama Tahawa

Ada kejadian unik juga ketika kami berada di desa itu. Salah satu teman kami yang ikut dalam program KKN melahirkan. Eits, jangan salah sangka dulu ya, karena dia memang sudah menikah. Sebelumya sudah mengajukan permohonan untuk bisa KKN di kampus, tetapi ga tau kenapa tetap dapat di desa. Untuk pertama kalinya aku jadi muadzin untuk bayi yang baru lahir.

Ok, sudah ngelantur kemana-mana tulisannya. Saya kenalkan 4 sekolah di desa itu. Pertama, SMP N 3 Kahayan Tengah. Sekolah ini sebenarnya di bawah yayasan Australia. Aku lupa apa namanya. Dulu masih swasta, tetapi sekarang sudah negeri. Ada 3 kelas, semuanya Cuma memiliki 1 ruang. Kelas ga sampai 30 siswa, kelas 8 dan 9 masing-masing ga sampai 20 siswa. Sekolah ini letaknya di desa I. Jadi, siswa dari desa II harus berangkat pukul 06.15 WIB kalau tidak ingin terlambat karena kelas dimulai pikul 07.00 WIB. Siswa di desa III harus menggunakan sampan/perahu kecil untuk sampai ke desa II kemudian melanjutkan ke SMP. Cukup memprihatinkan jika melihat siswa dari tepian sungai itu pagi-pagi sudah berangkat. Tidak usah dibayangkan jika hujan datang. Jadi teringat kisah Lintang dalam drama Laskar Pelangi. Kedua, SDN Tahawa-1. Letaknya di desa I, sama seperti SMP. Tidak banyak yang bisa diceritakan mengenai sekolah ini. Sekolah yang hampir sama dengan sekolah-sekolah lainnya di beberapa tempat. Ketiga, SDN Penda Haur-1. Letak sekolah ini di desa II. Ada 6 ruang. Setiap ruang hanya diisi oleh beberapa siswa. Bahkan ada kelas yang berisi 4 siswa. Keempat, SDN Penda Haur-2. Letaknya di desa III. Kelas hanya ada beberapa ruangan. Ga mencapai 6. Untungnya tidak ada siswa kelas 6, karena ada satu tahun sekolah tersebut tidak ada satu pun yang mendaftar.

SDN Tahawa-1

SDN Penda Haur-1, kalau musim hujan bisa banjir akibat luapan sungai di depannya

SDN Penda Haur-2, selain di tengah sawah, juga di pinggir hutan

SMPN 3 Kahayan Tengah

3 thoughts on “My First Students Part II: Tahawa

Budayakan tinggalkan komentar dengan bijak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s