My First Students Part I

Bismillah…

This is a journal, not a diary. Mengutip kata-kata Greg Hafley dalam film comedi Diary of a Wimpy Kid. Mulai hari ini sampai seterusnya, mungkin setiap hari aku ingin menulis beberapa pengalaman, kesan, petualangan atau apa pun itu sebagai seorang guru, guru matematika tepatnya. Malangnya, matematika termasuk salah satu pelajaran yang banyak tidak disukai oleh siswa. Mengapa aku harus menulis? Seperti kata Greg, mengapa dia harus menulis “diary”, karena jika dia besar dan menjadi orang besar, dia tidak perlu lagi menjawab pertanyaan-pertanyaan bodoh; bagaimana kamu terlihat pintar di sekolah, bagaiman pengalamanmu di sekolah dulu …. Cukup berikan diary.

SD 1

This is a journal, not a diary. Saya ingin menulis tentang my first student. Mengapa, karena jika nanti saya menjadi seorang guru yang professional, yang disukai oleh siswa-siswanya, aku tidak perlu menjawab pertanyaan; bagaimana anda mengajar untuk pertama kalinya? Siapa murid pertama anda, atau pertanyaan-pertanyaan bodoh lainnya. Cukup memnunjukkan alamat blog ini (jika tidak dihapus wordpress).

Saya menulis tentang ini karena saya ingin mengingat murid-murid pertama. Banyak pengalaman, kenangan yang susah dilupakan menjadi seorang guru. Ternyata, menjadi guru bukanlah pekerjaan yang mudah. Salah besar jika orang mengatakan bahwa guru adalah profesi yang mudah. Datang ke sekolah kemudian mengajar. Sayangnya, di sekolah ternyata tak Cuma mengajar, tetapi juga mendidik, mengajarkan etika dalam hidup. Mengajarkan akhlak kepada siswa bagaimana selain mampu mengitung, mampu pula berkelakuan baik, kepada siapa saja, dan hingga kini, aku merasa belum cukup layak dianggap sebagai seorang guru.

Guru pekerjaan yang sangat mulia. Siapakah yang menyebabkan presiden menjadi presiden? Apakah dia tidak pernah sekolah? Tentu saja dia sekolah terlebih dahulu sebelum menjadi seorang presiden. Ada langkah-langkah yang harus dilewati. Langkah itu terlihat kecil, tapi akan ketahuan suatu hari nanti.

Saya persembahkan tulisan ini untuk semua murid pertama saya.

Budayakan tinggalkan komentar dengan bijak

