PR Terakhir

PR Terakhir

Tidak ada batas waktu.
Jadilah orang yang bahagia.
Saat kalian mulai mengerjakan tugas ini, mungkin aku sudah ada di surga.
Tidak usah buru-buru mengerjakannya. Kalian bebas menggunakan waktu yang dimiliki.
Tapi suatu hari, tolong kumpulkan padaku dan katakan, “Aku sudah melakukannya. Aku sudah bahagia.”
Aku akan menunggu.*

Apa yang terfikir ketika membaca tulisan tersebut? Sedih? Jujur saja, saya bukan lagi seorang siswa, tetapi begitu membaca tulisan dan kisah dibalik tulisan tersebut tak terasa air mata saya mengalir.

Tulisan itu adalah PR yang diberikan seorang guru di Jepang. Ia menuliskan PR itu dengan kapur di papan tulis. Tentu saja PR tersebut membuat para murid terharu sampai menangis. PR tersebut menjadi PR paling mengharukan di dunia, sampai salah satu akun Twitter membagikan foto terakhir dari papan tersebut. Guru yang menuliskan tugas ini baru saja meninggal. Namun apa yang ia sempat lakukan di nafas-nafas terakhirnya sungguh mengesankan. Ia benar-benar melakukan tugasnya sebagai seorang guru, yaitu memastikan bahwa anak didiknya bukan hanya belajar atas tuntutan akademis. Namun juga untuk menjadi seorang yang bahagia.*

Saya sepakat, betapun tidak sukanya dengan guru tersebut (misalnya), saya yakin kita akan menangis manakala guru tersebut memberikan PR tersebut. Apalagi jika mengingat mungkin pernah atau sering kali kita tidak mengerjakan PR yang telah beliau berikan. Hanya ada satu kata yang bisa terucak dengan kondisi tersebut: menyesal. Ya, menyesal memang tak pernah datang on time, makanya menyesal biasanya memberikan kesan yang tidak baik pada diri kita.

Guru tersebut, tak perduli dia punya kekurangan, saya yakin kita akan merasa kehilangan. Kadang-kadang dalam hidup memang seperti itu. Kita baru akan merasa betapa berharganya seseorang ketika orang tersebut telah pergi untuk selama-lamanya.

*PR Terakhir Mengharukan dari Seorang Guru yang Meninggal Dunia

Budayakan tinggalkan komentar dengan bijak

